FORO Alhaurino

Personal Blog Informasi Terkini

Alat Pengangkat Mobil

Alat pengangkat mobil sebenarnya cukup banyak jenisnya dan hal ini termasuk pula alat yang digunakan untuk alat berat. Namun untuk kali ini akan diulas alat pengangkat mobil harian yang banyak tersebar di negara kita dan digunakna untuk melakukan segala macam aktivitas. Berikut beberpa jenis alat pengangkat mobil yang biasa digunakan.

Dongkrak 

Salah satu alat pengangkat mobil yang sering digunakan adalah dongkrak. Bisa dibilang bahwa dongkrak adalah suatu alat untuk dapat menaikkan kendaraan sehingga bisa mempermudah aktivitas rearasi yang memang harus dilakukan di bagian bawah kendaraan mobil. Dongkrak sendiri terdiri dari beberapa macam jenis seperti misalnya dongkrak buaya yang umumnya bisa dijumpai di kebanyakan bengkel. 

Selain itu ada pula dongkrak botol yang terkadang juga digunakan di bengkel untuk mengangkat mobil sehingga bisa dilakukan perbaikan di bagian bawah mobil. Untuk menggunakan dongkrak sebenarnya sangtalah mudah. Anda hanya tinggal meletakkan ganjalan di ban belakang lalu tempatkan dongkrak di tempat yang ditentukan. Lakukan dengan hati-hati agar prosesnya pengangkatan mobil bisa berjalan lancar. 

Baca juga : Cara Memperbaiki Injektor Motor Yang Rusak

Car lift

Alat pengangkat mobil selanjutnya adalah car lift yang merupakan alat pengangkat mobil dengan kelebihan dapat membuat mekanik bengkel bisa bergerak secara lebih leluasa dalam melakukan perbaikan mobil. Sebab dalam hal ini mekanik bengkel dapat memperbaiki mobil sabil berdiri ataupun berjalan di bawah kendaraan. Tentu saja kondisi ini membuat proses perbaikan mobil jadi lebih mudah untuk dilakukan. 

Car lift sendiri dibedakan berdasarkan alat penggeraknya menjadi tiga macam jenis yaitu penggerak mekanik atau poros berulir lalu penggerak hidrolik dan terakhir adalah penggerak pneumatik. Ketiganya bisa berfungsi dengan cara tertentu yang dapat mempermudah mekanik bengkel untuk melakukan perbaikan mobil. 

Safety stand

Safety stand juga merupakan salah satu jenis alat pengangkat mobil yang biasanya penggunaannya disertai pula dengan penggunaan alat lainnya seperti dongkrak dan sejenisnya. Safety stand sendiri sebenarnya merupakan suatu alat penopang yang juga bisa menjadi alat pengaman kendaraan terutama bagi kendaraan yang sudah diangkat dengan menggunakan dongkrak. Anda juga bisa menemukan alat ini di bengkel dan garasi. 

Baca juga : Manfaat Gurah Mesin Mobil

Safety stand ini bagaimanapun juga memang dibutuhkan karena pada dasarnya baik dongkrak ataupun jack tidak dapat menjamin keamanan. Dongkrak tetap saja memungkinkan terjadinya slip di antara dongkrak dan titik tumpu kendaraan. Oleh karena itu dibutuhkan kehadiran safety stand yang dapat lebih menjamin keamanan dongkrak sehingga mekanik bengkel bisa melakukan reparasi mobil dengan lebih baik. 

Cranes

Benda yang terakhir diulas kali ini dan berfungsi sebagai alat pengangkat mobil adalah cranes. Alat cranes ini digunakan dengan tujuan untuk mengengkat engine dan juga transmisi yanga akn diperbaiki. Selain itu cranes ini juga digunakan untuk memasangkan apapun setelah dilakukan perbaikan pada kendaraan mobil. 

Maka dari itu cranes ini merupakan alat yang dilengkapi dengan roda sehingga bisa meakukan proses pemindahan engine ke tempat perbaikan yang tersedia. Untuk menggunakannya maka cranes haruslah ditempatkan pada posisi yang aman terlebih dahulu. Lalu barulah cranes bisa difungsikan dengan tepat. 

Alat pengangkat mobil seperti di atas mungkin pernah sesekali kita lihat. Seluruh alat tersebut tentunya memiliki bentuk yang berbeda-beda namun sama-sama berfungsi untuk mengangkat mobil di saat tertentu. Dengan segala fungsinya maka Anda bisa menggunakan berbagai alat di atas untuk keperluan mengangkat mobil.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.