FORO Alhaurino

Personal Blog Informasi Terkini

cara registrasi webinar zoom

Cara registrasi webinar pada zoom mungkin hal ini masih terdengar sangat langka karena biasanya untuk registrasi webinar itu menggunakan google form setelah itu di kasih link grup whatsapp untuk informasi lebih lanjut seperti agak sedikit rumit kan? Untuk itu, inilah  cara registrasi webinar pada zoom dijamin lebih fleksibel.

Cara registrasi webinar pada zoom Bagi anak himpunan, komunitas, BEM ataupun komunitas/individu lainya yang sering mengadakan kegiatan webinar. Cara ini bisa digunakan karena tidak perlu lagi membuat group webinar. Yang nantinya jika webinar telah selesai hanya akan memenuhi beranda whatsapp saja atau harus keluar dan menghapus group. Berikut cara registrasi webinar pada zoom dari rogcommunity.id :

Cara Registrasi Webinar Pada Zoom Dijamin Efektif

Log in Zoom

Login zoom bisa saja menggunakan aplikasi di smartphone yang dimiliki ataupun membukanya melalui website Dengan cara ketik login zoom maka akan muncul beberapa pilihan pencarian langsung saja pilih yang bertulisan login zoom.

Untuk login zoom tentu saja harus memiliki akun zoom sebelumya. Tapi, jangan khawatir jika belum memiliki akun zoom langsung saja registrasi menggunakan pada saat itu juga menggunakan akun gmail atau nomor telepon yang digunakan dan masih aktif. Setelah itu, buat password di akun zoom supaya akun digunakan sembarangan oleh orang lain.

Klik Meeting

Setelah login maka akan langsung terarah pada menu profil pilih fitur meetings supaya dapat langsung ke menu schedule meeting untuk menjadwalkan kapan webinar yang diselenggarakan jangan sampai menentukan jadwal pada zoom dan jadwal sebenarnya berbeda.

Pilih Schedule Meeting

Pada menu meeting ada beberapa formulir yang harus diisi yang pertama adalah topic meeting, description yang menjelaskan ringkas tentang webinar yang diselenggarakan. Di description ini sebenarnya opsional saja.

Baca juga : Kenapa Trending Twitter Tidak Bisa Worldwide

Dimenu ini merupakan pengisian waktu kapan akan diselenggarakan seperti tanggal, bulan, tahunya dan pukul berapa dimulai webinar. Durasi webinar berapa lama webinar akan diselenggarakan dan jangan lupa untuk menentukan timezone webinar ini diselenggarakan berdasarkan waktu daerah mana seperti Jakarta atau Bangkok.

Klik Required

Karena tujuan awalnya adalah membuat registrasi webinar pada zoom maka klik fitur required pada menu registrasi yang memberikan dua pilihan yaitu recurring meeting dan required. Untuk pengaturan lainnya bisa disesuaikan sesuai kebutuhan webinar yang di selenggarakan. Selatah itu save kiri dibagian bawah.

Copy Link Registrasi

Setelah klik save pada menu schedule meeting  maka otomatis akan langsung diberikan link registrasi untuk dibagikan kepada calon peserta webinar melalui email sesuai dengan pengaturan yang telah dilakukan di menu schedule meeting. Setelah Copy link invitationnya supaya dapat melakukan pengaturan mengenai teknis webinar lebih lanjut.

Atur Pemilihan Peserta

Pada bagian  edit setelah menyalin link undangan. Apakah peserta yang mendapatkan email bisa langsung masuk zoom secara otomatis dengan cara memilih automatically approve atau panitia webinar harus meng-acc terlebih dahulu dengan memilih fitur manually approve. Kemudian langsung saja klik save all.

Link invitation meeting di bagikan melalui email peserta yang telah ditentukan. Peserta dapat langsung mengisi registrasi menggunakan email yang dimiliki dan sebagai penanggung jawab webinar dapat memantau langsung peserta dan meng acc atau tidak peserta yang mengikuti webinar. jika mengaksesnya pilih saja approve atau dismiss untuk menolak. Dan akan langsung muncul konfirmasi pada email peserta beserta link zoom meeting

Hanya ada tujuh cara saja supaya dapat melakukan cara registrasi webinar pada zoom yang akan lebih fleksibel, efisien, efektif dan aman. Supaya link zoom tidak sembarangan terkirim kepada siapa saja atau bahan pada orang yang menyalahgunakan link zoom webinar yang telah dibuat.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.