FORO Alhaurino

Personal Blog Informasi Terkini

Cara Tepat Menyetir Mobil Matic

Mobil dengan transmisi otomatis atau mobil matic punya keunggulan yaitu lebih praktis untuk digunakan karena Anda bisa bebas dari menginjak pedal dan ganti gigi saat berkendara.

Mobil ini juga bisa membantu pengendara jadi bisa tidak terlalu lelah terutama saat harus menerobos macetnya jalanan di kota-kota besar.

Meskipun mengendarai mobil transmisi otomatis relatif lebih mudah dibanding mobil manual, tentunya Anda harus lebih hati-hati dan mempelajari seluk beluk fitur yang ada pada mobil ini.

Terutama bagi Anda para pengemudi pemula. Berikut adalah cara yang benar untuk menyetir mobil matic.

Pahami Urutan dan Posisi Tuas Transmisi

Beda mobil pasti beda pula fitur di dalamnya. Mau mobil 4wd atau 2wd, keduanya sama-sama punya letak fitur dan komponen mobil yang berbeda-beda.

Kenali dan biasakan cara kerja dari setiap tombol yang ada, seperti wiper, lampu, klakson dan sebagainya agar berkendara jadi lancar.

Kemudian perbedaan paling menonjol antara mobil matic dan manual tentunya adalah transmisi. Pada mobil matic, urutan tuas gearbox otomatis terdiri dari kombinasi angka dan huruf yakni P-R-N-D-2-L.

  • Huruf P artinya “park” atau parkir. Posisi ini berfungsi untuk mengunci transmisi secara keseluruhan saat mobil sedang dalam posisi parkir.
  • Huruf R berarti “reverse” yang bisa Anda gunakan ketika ingin bergerak mundur
  • Huruf N berarti “neutral” fungsinya membuat hubungan roda dan mesin dalam keadaan bebas.
  • Huruf D yang artinya “drive” di mana posisi ini menggerakkan mobil untuk melaju dalam kecepatan normal
  • Angka 2 atau kadang juga ada yang mencantumkannya dalam huruf “S” yang berarti second, ini merupakan posisi di mana transmisi akan menggerakkan mobil dalam kecepatan maksimal gigi 2
  • Terakhir adalah 1 atau kadang juga ditulis dengan “L” yang artinya Low, yakni mobil hanya akan bisa melaju dengan kecepatan posisi gigi 1

Pastikan posisi kaki sudah benar

Layaknya mobil pada umumnya, mobil matic memiliki beberapa pedal di bagian kaki.

Hanya saja, pada mobil matic pedal yang tersedia hanya 2 saja yakni gas dan rem.

Seperti mobil manual saja, baik pedal gas dan pedal rem keduanya harus diinjak dengan kaki kanan Anda. Sementara kaki kiri yang biasa menginjak pedal gigi, kini diistirahatkan di sebelah kiri.

Pastikan Anda sudah terbiasa dengan posisi kedua pedal ini dan tidak mencari-cari pedal gigi lagi, agar selama berkendara perjalanan Anda tetap lancar.

Beri jeda sebelum menyalakan mesin

Menyalakan mobil matic sama dengan mobil manual pada umumnya. Anda harus memasukkan kunci kontak dan menyalakan tombol starter.

Namun ada baiknya ketika menggunakan mobil matik sesaat setelah Anda memasukkan kunci kontak, tunggulah dulu beberapa saat agar jarum berputar dan tanda indikator telah aktif menyala.

Setelah indikator telah menyala, barulah Anda bisa melakukan starter pada mobil. Pada beberapa mobil, Anda diharuskan menginjak rem sebelum melakukan starter.

Namun hal ini tidak wajib, karena setiap mobil memiliki pengaturannya sendiri-sendiri.

Injak rem saat memindahkan tuas

Pastikan setiap kali memindahkan tuas atau berpindah gigi, Anda juga melakukannya sambil menginjak pedal rem. Hal ini akan membantu agar gearbox otomatis mobil matic Anda bisa jadi lebih awet.

Pindahkan tuas ke posisi netral saat lampu merah

Berhenti di lampu merah dalam posisi gigi tetap di D sambil menginjak rem adalah kebiasaan buruk. Ini bisa menyebabkan gearbox otomatis mobil Anda jadi cepat rusak.

Selain itu kampas rem juga jadi lebih cepat habis. Cara paling tepat saat posisi lampu merah adalah memindahkan gigi ke posisi netral sambil menginjak rem.

Atau juka memang kondisi jalan memaksa Anda berhenti di jalanan menanjak atau turunan, Anda bisa mengaktifkan fitur Parking Brake.

Gunakan gigi 2 & 1 untuk jalanan menanjak

Saat melewati jalanan yang menanjak atau menurun tajam, pindahkan posisi tuas gigi dari D ke 2 atau 1 tanpa menginjak rem. Kemudian kalau sudah melewati jalanan menanjak, kembali posisikan gigi D.

Cara yang sama bisa dilakukan juga ketika melewati jalanan turunan, pindahkan ke gigi rendah agar mendapatkan engine brake yang maksimal.

Sehingga mobil tidak meluncur secara berlebihan serta penggunaan rem tak akan membuat kampas menjadi terlalu panas.

Pastikan Mobil Berhenti Sebelum Mundur

Sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi R, pastikan kendaraan sudah benar-benar berhenti. Injak pedal rem, cek kondisi belakang kemudian perlahan mundur dengan memindahkan tuas.

Begitu juga jika ingin kembali bergerak maju, pastikan mobil telah berhenti sempurna sambil menginjak rem. Dengan cara ini gearbox otomatis mobil Anda akan lebih awet masa pakainya.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.